yoh

p3m

there

Review Phantom 3 Magic Dengan Asus Zenfone 3 ZE520KL

PDFPrintE-mail
15Sep2017
Last Updated on 15 September 2017 | Written by Administrator

zf3b

Phantom 3 Standard merupakan salah satu drone produksi Dji Inc, Phantom 3 Standar konektifitasnya menggunakan basis wireless 2.4 GHz. Seperti kita ketahui konektifitas wifi sering kali mengalami keterbatasan masalah lebar bit rate transfer data, interferensi, pilihan kanal, ditambah Phantom 3 Standard yang beredar menggunakan EC yang hanya mampu sampai 16 db, sehingga transmisi data yang bisa masuk ke dalam remote control dan smartphone hanya maksimum 40 Mbps.

Power Magic dibuat dan dikembangkan oleh Fadjar Hamidi bersama komunitas Phantom Magic, awalnya berangkat dari keterbatasan terbang yang jaraknya pendek, Phantom 3 Standard hanya bisa terbang dalam rentang jarak sekitar 200 meter setelah itu mengalami RTH (Return To Home) sehingga menyulitkan untuk melakukan dokumentasi foto/video jarak jauh.

Berangkat dari keresahan ini, Fadjar mencoba mengganti antena  dari remote control bawaan dengan menggunakan antena dari router tp link dan antena lain dengan db yang lebih besar berharap bisa lebih jauh menangkap transmisi fpv kamera, namun semuanya itu masih tidak memuaskan dirinya.

Idenya kembali muncul bahwa konektifitas Phantom 3 Standard menggunakan wifi dan kanalnya diacak, tidak bisa memilih kanal, dicoba membuat aplikasi mod yang disebut dengan Power Magic, tool ini dibuat untuk mengakali keterbatasan Phantom 3 Standar. Sehingga penamaan Phantom 3 Standard bergeser menjadi Phantom Magic, artinya Phantom 3 Standar yang sudah dimagic. Dengan power magic ini kita bisa memilih besaran db dan kanalnya, luar biasa sumbangsih Fadjar Hamidi ini untuk pengembangannya demi perkembangan dunia drone berbasis wireless.

Terus apa bedanya Phantom 3 Standard yang sudah dimagic dengan yang belom di magic ? perbedaanya ada pada lebar transmisi data. Mari kita lihat secara default menurut datashet dari Dji Inc bahwa kemampuan wifi dari remote adalah maksimal 40 Mbps, ini merupakan standard yang diberikan, padahal kalau kita perhatikan seksana bawah koneksi wifi dari smartphone ke remote merupakan komunikasi dua alat secara adhoc, otomatis besaran bit rate seharusnya lebih besar.

telnet

Mari kita cek screenshoot di atas aplikasi telnet, aplikasi ini di android langsung dikoneksikan dengan wifi remote drone kemudian diketik iwinfo, akan muncul informasi besaran bit rate dari remote dan drone, tentu saja untuk mencapai jarak yang jauh juga diperlukan kemampuan semartphone yang mumpuni.

Seperti kita ketahui Zenfone 3 Ze520KL mampu digunakan untuk drone jenis Dji Phantom 3 Standard yang koneksitifiasnya menggunakan wireless, ditunjang dengan presisi GPS yang hanya bergeser beberapa meter, plus dengan GPU Adreno 506 yang mampu mengolah grafis dari kamera drone ke smartphone tanpa lag walau dalam jarak yang jauh.

Bagaimana hasilnya ? Mampukah Asus Zenfone 3 ZE520KL mengolah nilai bit rate seperti di telnet untuk modul wifinya ? pertanyaan akan terjawab bila mampu menembus batas standard jarak default Dji Phantom 3 Standard tanpa mod magic sekitar 300 meter.

lp

 

lp2

Setelah melalukan test ternyata smartphone Asus Zenfone 3 ZE520KL mampu menjembatani kebutuhan drone dengan long range, jarak yang dicapai lebih satu kilometer, yang memang wifinya hanya konek ke remote namun bit rate data yang diterima dari remote ke smartphone mampu diolah ZE520KL sedemikian rupa sehingga tidak mengalami lag atau signal weak jarak dekat/penuh interferensi, signal weak hanya didapatkan ketika jarak jauh, itu sudah sangat luar biasa, tidak semua smartphone mampu sampai satuan kilometer, bahkan ada yang lebih parah walau sudah dimagic pun hanya mencapai jarak satuan ratusan meter karena kualitas smartphone tidak mampu membantu mengolah bit rate yang diberikan oleh remote control

mp

Power magic tidak hanya masalah jarak namun juga meningkatkan kualitas video, saat record video itu akan menghasilkan cache, cache dibuat di smartphone. Saat kita melakukan record video di drone maka di smartphone juga dibuat cache video yang sama namun kualitasnya relousi rendah, cache ini untuk melihat hasil video yang file aslinya disimpan di drone saat mengudara, agar pilot tidak perlu menurunkan drone hanya untuk melihat videonya, saat cache lag maka pilot akan merasa terganggu, itulah manfaaatnya Power Magic membantu kelancaran transfer data view dari drone ke smartphone

Nah cache di sini justru sangat vital, cache akan menjadi tolok ukur, jika smartphone ecek ecek maka hasil cache juga akan banyak mengalami lag, apalagi dengan basis wireless, samrtphone iktu bertempur melawan interferensi sekitarnya seperti tower, jaringan poin to poin yang sangat menganggu aktifitas penerbangan drone., cache yang kita punyai seperti Zenfone 3 Laser mampu normal tanpa lag di jarak 500 meter, arttikel bisa di baca di

Review Asus Zenfone 3 Dengan Drone Dji Phantom 3 Standard

Apakah di jarak 1 km mengalami lag, tentu saja tidak senormal jarak pendek, dengan kebutuhan untuk pemetaan jarak satu kilometer untuk pemetaan kehutanan jelas sangat membantu, power magic juga harus didukung dengan smartphone mumpuni, di lain pihak ada pula menggunakan Zenfone mampu mencapai jarak lebih dari 2 kilometer, bagaimana kalo Asus Zenfone 3 ZE520KL kita root terus dijajal test lagi ? hasilnya bisa ditebak, lebih jauh lagi.

Sayangnya atau lebih tragisnya pengguna Zenfone jarang digunakan untuk drone, mengapa karena peminatnya masih sedikit, kebanyakan menggunakan produk kompetitor, Mungkin web ini satu satunya yang mengulas Zenfone untuk drone Dji. Terima kasih

Add comment


Security code
Refresh